Menangani Bayi Gumoh

   Gumoh terjadi pada bayi yang sehat dan tanpa keluhan apapun.Hanya saja ,bila terlalu sering gumoh bayi bunda perlu diatasi,karena dikhawatirkan ia akan kekurangan makanan .
    Agar bunda tidak panik menghadapi si kecil yang gumoh lakukan beberapa cara yang dapat membantu anda.Yakinkan pada diri bunda ,bahwa gumoh pada bayi hanya berupa keluarnya sisa makanan yang  belum dicerna saja,tanpa diikuti keluhan apapun.Lalu perhatikan cara pemberian ASI atau susu botol pada bayi secara benar.
Bagaimana cara menangani bayi gumoh?

1) Jangan mengguncang-guncang atau mengangkat-anngkat bayi begitu ia selesai minum ASI atau susu botol,karena hal ini akan membuat si kecil Gumoh.
2) Lihatlah besar kecilnya lubang  pada dot bayi,karena setiap kali bayi menghisap dot,akan tertelan sedikit udara bersama susu yang masuk.Usahakan posisi menyusui dengan dot jangan sampai ada celah udara yg masuk.Karena udara yang masuk tadi tertinggal di bagian atas lambung,sementara susu terus masuk ke bagian bawah lambung.Tertinggal nya udara yg di bagian atas tadi dapat menimbulkan rasa yang tidak nyaman pada bayi ,karena perut terasa kembung.
3)Menepuk-nepuk pundak si kecil setelah minum susu,supaya dapat bersendawa.Karena dengan bersendawa udara yang masuk ke dalam perut bisa segera keluar .Bersendawa adalah salah satu cara mengatasi bayi gumoh.
   Coba lakukanlah cara cara diatas ,apabila bayi bunda mengalami gumoh terus menerus disertai gejala khusus segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.
Sekian,semoga bermanfaat 😊

0 Response to "Menangani Bayi Gumoh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel